:: Sekretariat : Jln.Solo km 11,1 Cupuwatu 1 Kalasan, Sleman, Yogyakarta (081226923627) ::

Website ini masih dalam perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih

Terapan Sistem Demokrasi pada Pemilihan Ketua/BPH_SKAN:
Wawancara kepada THEO SUN SELF SOLIDER NDURU


Beberapa pertanyaan yang diajukan redaksi, kepada Nara Sumber. Kejelasan sedikitnya pada proses pemilihan Ketua/BPH SKAN sebelumnya.

Redaksi : Bagaimana sistem pemilihan BPH-SKAN pada dasarnya? Apakah system tersebut telah diterapkan dari tahun ke tahun?

Sdr. Theo : Sitem Demokrasi.

Redaksi : Yang kita ketahui Ketua SKAN dari tahun ke tahun adalah dipegang oleh mahasiswa (pria),adakah kemungkinan mahasiswi mendapat hak untuk mencalonkan/dicalonkan sebagai kandidat Ketua SKAN?

Sdr. Theo : Jelas, tidak ada perbedaan antara wanita dan pria untuk memimpin. Kita memiliki kedudukan yang sama dimata Tuhan.

Redaksi : Apakah ada syarat bagi calon ketua/BPH-SKAN untuk dipilih? Apakah syarat-syaratnya..?

Sdr. Theo : Calon Kandidat pada dasarnya adalah anggota P-SKAN, tidak dilihat dari pengalaman maupun angkatan kemahasiswaannya dikampus. Yang terpenting sanggup untuk bertanggung jawab dan bersedia dicalonkan.

Redaksi : Apakah seseorang yang pernah memegang Ketua/Wakil Ketua, dapat mengajukan pencalonan kembali pada periode berikutnya?

Sdr. Theo : Dapat, asalkan memenuhi persyaratan yang saya jelaskan tadi.

Redaksi : Dapat kita lihat pada pemilihan calon BPH-SKAN sebelumnya, wakil ketua SKAN periode 2007 dicalonkan kembali sebagai kandidat BPH-SKAN 2008. Sebaliknya pada pemilihan BPH-SKAN 2007 kemarin, salah satu syarat kandidat tidak boleh terpilih untuk kedua kalinya? Apa tanggapan saudara mengenai hal tersebut?

Sdr. Theo : Sebelumnya saya minta maaf, karena pernyataan sepihak.

Redaksi : SKAN dan IKN Jogja, adalah sama-sama Wadah Ikatan Kekeluargaan dan persaudaraan masyarakat Nias di Yogyakarta. Dapatkah saudara jelaskan apa yang membedakan dan hubungan wadah tersebut.

Sdr. Theo : Persekutuan SKAN hanyalah sebatas Persekutuan Mahasiswa Nias dibawah naungan IKN (Ikatan Keluarga Nias Yogyakarta). P-SKAN JUGA bagian dari IKN. Jadi apapun kegiatan yang dilaksanakan IKN, menjadi tanggung jawab bersama sebagai Keluarga Nias. Contohnya pada Perayaan Natal IKN 2008 kemarin, dapat dilihat kita adalah satu sebagai Keluarga Nias.

Redaksi : Apakah ada badan khusus yang dibentuk, dalam menangani kegiatan Pemilihan calon ketua/BPH-SKAN? Bila ada, dapatkah anda jelaskan dan menyebutkan tugas-tugasnya dan tanggungjawabnya kepada BPH-SKAN sendiri?

Sdr. Theo : Ya, ada. Yaitu : BPPS ( Badan Pemungutan pemilihan Suara). Yang memiliki tugas dalam Melaksanakan Pemungutan Suara.

Redaksi : Anda sebagai nara sumber. Menurut penilaian saudara, apakah dengan adanya badan tersebut, peranannya membantu pada proses kegiatan pemilihan BPH-SKAN? Dapat anda jelaskan?

Sdr. Theo : Menurut saya sangat berperan sekali. Dengan adanya BPPS, kegiatan pemilihan sangat tekendali. Waktu tidak terbuang dengan sia-sia. Dan saya sangat setuju apabila BPPS diadakan kembali pada pemilihan berikutnya.

Redaksi : Adakah hak istimewa dari badan tersebut?

Sdr. Theo : Hak istimewanya, mereka yang dipilih. Jadi, pelakasanaan Pemilihan menjadi tugas mereka. Dan melalui rapat merekalah yang menentukan proses pelaksaannya.

Redaksi : Yang kita ketahui fisi dan misi SKAN yaitu persekutuan doa antar anggota SKAN, Namun, dalam kegiatannya SKAN adalah adalah sebuah organisasi mahasiswa seperti organisasi mahasiswa suku lain. Apa tenggapan anda mengenai itu?

Sdr. Theo : SKAN adalah sebuah Persekutuan Mahasiswa Nias di UKRIM. Sebagaimana pada fisi-misinya. Karena, kegiatan dari program-program kepengurusannya inilah kita dapat belajar untuk berorganisasi. Karena apapun kegiatan, akan lebih sempurna bila dilakukan dengan kebersamaan yang diorganisir sebaik mungkin. Seperti kegiatan Natal, Makrab atau HUT SKAN sendiri, akan lebih berjalan baik bila dibentuknya kepanitian.

Redaksi : Baik, kami mengucapkan banyak terimakasih atas waktu yang diberikanSdr.Theo. Mungkin, ada pesan Sdr. Theo kepada teman-teman SKAN?

Sdr। Theo : Ya, saya senang sekali dengan adanya Situs Forum Komunikasi SKAN ini,kita dapat berkomunikasi bersama. Bagi, teman-teman SKAN, marilah kita belajar bersama untuk bersekutu dalam Tuhan. Karena persekutuan kita adalah bagian dari Pelayanan kita.

4 comments :

Anonymous said...

Wah, Foto bung Theo keren.
boleh.. boleh..

Anonymous said...

bleh jg tuh wa2ncaranya,.bt bung theo trus semangat yahh n jgn lp kul nya jg ga bleh ktinggalan key,..
btw ftonya ok jg tuhh hehehehh
bt tman2 semua ttap semangat yahh,.

Anonymous said...

bwt bang Theo...
fotonya keren bngt...cute lagi
smangat trus ya bang Theo..

Anonymous said...

bang teo.... lanjutkan.....

Post a Comment

 

@Copyright 2007 - 2014 All Rights Reserved | Blog resmi P-SKAN Yogyakarta | HUMAS P-SKAN